Karya Media Mahasiswa PPG UM

Beadsbag

Merupakan sebuah kerajinan yang dibuat dari manik-manik. Produk ini merupakam hasil dari pelatihan terhadap guru-guru SLB Autis Laboraturium UM yang bertujuan untuk melatih soft skill guru, mengembangkan kreativitas guru untuk mengajar keterampilan peserta didik, dan menambah peluang usaha bagi guru.

Buku love my self

Merupakan sebuah buku yang dikembangkan untuk membantu peserta didik mengenali emosi seperti senang, sedih, marah, dan kecewa. Media ini berisi gambar yang digambar oleh peserta didik mewakili perasaan emosi mereka dan berisi kata-kata motivasi yang diciptakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan. Buku ini membantu peserta didik untuk lebih mencintai dirinya sendiri.

Buku saku mitigasi bencana banjir

Merupakan sebuah buku saku yang dikembangkan untuk memberikan informasi kepada peserta didik mengenai mitigasi bencana banjir yang terintegrasi pada mata pelajaran IPAS untuk kelas V di Sekolah Dasar.

Pop up book busy bata baru

Merupakan sebuah media pembelajaran mata mata pelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang. Media ini menggunakan pendekatan CRT yang berisi bentuk-bentuk kebudayaan dan dikaitkan dengan bentuk bangun datar dan bangun ruang dan dibuat timbul agar menarik minat peserta didik. Buku ini berisi banyak aktivitas sehingga buku ini disebut sebagai pop up book busy.

Pop Up Book Warisan Budaya

test-deskripsi

Deodorant Spray

Merupakan sebuah deodorant spray yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan, mencerahkan ketiak, dan mengontrol bau badan yang berlebih. Deodorant Wadeo ini tidak mengandung alkohol dan parfum sehingga aman bagi para penggunanya.

DIY Pipe Dreams

Merupakan sebuah kerajinan yang dibuat melalui pemanfaatan kain perca yang dibentuk menjadi sebuah gantungan kunci. Selain itu juga terdapat kerajinan berupa bros yang terbuat dari benang wol berbentuk kupu-kupu dan bunga.

Edu snake IPA berbantuan wordwall

Merupakan sebuah media pembelajaran berupa permainan ular tangga pada muatan IPAS materi siklus makhluk hidup. Media ini juga terdapat asesmen melalui wordwall sebagai bentuk pemanfaatan teknologi. Media ini bertujuan untuk mendorong peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dan mengakomodasi semua gaya belajar peserta didik.

Egrang Batok Kelapa

Merupakan permainan tradisional yang terbuat dari bathok kelapa dan digunakan sebagai pijakan kaki dan terhubung dengan tali. Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan permainan tradisional di Indonesia. Selain itu permainan ini dapat melatih keseimbangan dan kekuatan kaki.

Isi buku bata baru

test-deskripsi

Isi buku scrapbook keberagaman budaya

test-deskripsi

Isi media smart gift

test-deskripsi

Mathpoly

Merupakan sebuah media pembelajaran matematika dalam bentuk permainan monopoli. Media ini juga diintegrasikan dengan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk memperkuat pemahaman peserta didik terkait kebudayaan yang ada di sekitarnya Terdapat beberapa aktivitas yang diperoleh seperti kartu tantangan, kesempatan, dan asesmen melaui wordwall.

Media Bar-Bar

test-deskripsi

Media Getuk Parman kebudayaan Indonesia

Merupakan sebuah permainan edukasi berupa permainan ludho yang bertujuan untuk mengenalkan bentuk-bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia. Terdiri dari beberapa aktivitas seperti pertanyaan dan tantangan. Permainan ini dapat dilakukan oleh anak di usia dasar.

Media PAZAR: Puzzle berbasis AR materi sistem peredaran darah

Merupakan sebuah media pembelajaran pada materi sistem peredaran darah manusia berupa permainan puzzle. Media menggunakan teknologi berupa AR yang dapat memberikan visualisasi secara 3D terkait proses peredaran darah kecil dan besar manusia. Selain itu media ini juga meningkatkan minat belajar karena menggunakan permainan dalam proses pembelajaran.

Media puzzle indera pendengaran berbasis AR

Merupakan sebuah media pembelajaran pada materi indera pendengaran pada manusia berupa permainan puzzle. Media menggunakan teknologi berupa AR yang dapat memberikan visualisasi secara 3D terkait proses indera pendengaran manusia dan bagian-bagian telinga.

Media QR Math Puzzle

Merupakan sebuah media pembelajaran matematika yang dikemas dalam bentuk media puzzle balok kayu. Media ini mengintegrasikan teknologi berupa QR/Barcode yang bertujuan untuk meningkatkan semangat serta minat belajar peserta didik. Pada QR Math puzzle mengintegrasikan kebudayaan daerah malang.

Media Rusantika

RUSANTIKA merupakan sebuah media pembelajaran matematika dalam bentuk permainan ular tangga. Pada media ini terdapat beberapa kotak yang terdiri dari bilangan bulat sehingga media ini menjadi solusi peserta didik yang mengalami permasalahan pada operasi hitung bilangan bulat. Pada media ini menggunakan pendekatan CRT untuk mengenalkan berbagai rumah adat yang ada di Indonesia.

Media Smart Gift

Merupakan sebuah media pembelajaran muatan Pendidikan Pancasila berbentuk kotak hadiah. Media ini berisi materi pengamalan sila-sila Pancasila. Pada media ini terdiri beberapa aktivitas seperti kantong nilai-nilai Pancasila, permainan Ludho, mystery box, dan permainan puzzle. Permainan ini digunakan di Sekolah Dasar.

Media spin wheel permainan tradisional

Media pembelajaran Spin Wheel permainan tradisional merupakan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Media ini berisi beberapa permainan tradisional yang akan dimainkan ketika peserta didik mendapatkan jenis permainan setelah papan diputar. Media ini juga mengintegrasikan teknologi berupa AR untuk memberikan visualisasi cara bermain permainan tradisional.

Media-Polyteman

Merupakan sebuah media pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat dan bilangan desimal dalam bentuk permainan monopoli. Media ini digunakan di Sekolah Dasar dan bertujuan untuk memperkuat pemahaman peserta didik terkait operasi hitung pada bilangan bulat dan bilangan desimal.

Pop Up Book Warisan Budaya

Merupakan sebuah media pembelajaran berisi materi warisan budaya yang ada di Indonesia untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi peserta didik terkait warisan-warisan dari kebudayaan yang ada di Indonesia (dari 5 pulau besar).

Qr Code Media Bar-Bar

Merupakan sebuah media pembelajaran mata mata pelajaran matematika materi bangun ruang yang diintegrasikan melalui teknologi berupa AR. AR pada media bar-bar berisi rumus setiap bangun ruang beserta sifat-sifatnya. Selain itu media bar-bar juga memberikan contoh setiap bangun ruang berupa bentuk kebudayaan contohnya bangun ruang tabung diberi contoh kue putu sebagai bentuk makanan tradisional.

Scrap Book Keragaman Budaya

Merupakan sebuah media pembelajaran pada muatan Pendidikan Pancasila yang berisi materi keberagaman budaya. Media ini menggunakan pendekatan CRT agar memperkuat pemahaman peserta didik terkait kebudayaan di lingkungannya. Media ini menggunakan teknologi berupa AR untuk memberikan visualisasi 3D tekait pakaian adat dan rumah adat berbagai suku di Indonesia.

Topeng malangan

Merupakan sebuah kerajinan yang dibuat oleh peserta didik yang bertujuan untuk mengenalkan budaya malang melalui topeng malangan dan juga mewujudkan upaya untuk melestarikan budaya di sekitar. Selain itu juga untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui kerajinan topeng.